Sudirman Minggu, 15 Mei 2011 | 23:56 WIB
Assalamu alaikum'
Mohon penjelasan kenapa Rambut Arung Palakka (Petta malampe e gemme'na) tersimpan di Saoraja palakka di umpungeng. Adakah hubungan sejarah dengan Umpungeng? Kami mohon bantuan penjelasan jika sdr mengenal sejarah Arung Umpungeng. Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih. Wassalam


Muhammad Yusuf Tonggi Senin, 12 November 2012 | 00:55 WIB
Jawawaban Buat Sudirman.
Rambut Arung Palakka yang tersimpan di Soraja Palakka yang di dekat Jolle (tidak jauh dari Umpungeng) itu adalah Arung Palakka yang nama Pangurusengnya "Lapattikeng Arung Palakka" suami dari Patanra Wanua. Arung Palakka yang ini dimakamkan di Palakka yang di Palakka yang disitu juga (banyak tempat yang namanya Palakka). Meskipun Patanra Wanua disebut dalam Lontara' Panguriseng Bone bersaudara satu ibu satu ayah dengan Laumasa' Mula Panre BessiE Arung Mangkau' Bone 1358-1424, namun yang saya tahu mereka satu Ayah namun lain Ibu. Itu makanya Putranyalah Patanra Wanua yang kemudian diangkat sebagai Arung Mangkau' Bone berikutnya oleh Laumasa' Mula Panre BessiE, dan ini urusannya soal tingkatan darah (Ra-RaE Karampelung Lasaliu 14241496).
Ibu Lumasa Mula Panre BessiE itu orang biasa, sementara ibu Pantanra Wanua Manu' Arungnge Ri Toro' (bukan Manurung). Dalam Riwayat Mangkau' Bone, justru Istri Laumasa Mula Panre bessiE yang dikatakan sebagai orang biasa.
Panjang kalau mau saya dijelaskan secara tuntas............ yang jelas Lontara' sekarang itu sepertinya diubah pada tahun 1924-1931.
Jangan lupa Sdrku Sudirman, Arung Palakka itu adalah Nama Gelar. Arung Palakka itu banyak, dan ada juga yang bergelar Arung Palakka dizaman Laparenrengi Arung Mangkau' Bone 1845-1857 (MatinroE Riajang Benteng), namanya Arung Palaka Singkeru' Rukka Cella Bone. Sejarahnya Lasingkeru' Rukka Cela Bone saja diluruskan, maka saya dapat katakan begitu banyangkan Riwayat Riwayat yang harus diluruskan di Celebes. ini baru satu zaman.
yang jelas, menuluruskan Sejarah masa lalu harus diawali dengan belajar banyak sejarah, termasuk harus tahu banyak Sejarah Sejarah Eropa dan Sejarah Tamadun Islam. Tanpa melalui Proses itu, maka kita akan berbeda Persepsi dan terlibat diskusi yang tidak ada ujungnya. Saya beri tahu 3 Conto, satu: bila saya katakan Laparenrengi MatinroE Riajang Benteng adalah Maha Raja yang kemudian disejarakan oleh Jerman sebagai Kaisar Agung Jerman
Frederik, maka diskusi kita menjadi tidak menarik dan mejadi buntu.
namun cobalah buka Sejarah Jan Peiterzoon Coen, maka Anda akan menemukan bahwa Jan Pieterzoon Coen adalah Suku Jerman yang menjadi Satu Satunya Raja paling berkuasa di Jawa.
Catatan: Kata Jawa itu Metodologinya yang benar berasal dari dua suku Kata yaitu Juaw dan Wa'. Contoh Kedua: Presiden Amerika Serikat ke 34 adalah Putra Bungsu Laparenrengi MatinroE Riajang Benteng Contoh Ketiga: Presiden Amerika Serikat yang bernama Herberk Hoover adalah DR. Ratu LangiE
(Coba buka dan kumpulkan, Foto Foto dua orang ini). Sejarah yang saya tahu adalah Sejarah yang berbeda dengan orang tahu, namun suatu waktu nanti akan terbukti siapa yang lebih benar dalam hal meluruskan Sejarah Masa Lalu Tanah Nusantara ini, Khusunya Sejarah Celebes yang hilang, apakah Sejarah Celebes yang sekarang yang lebih benar, atau apa apa yang saya tahu yang sesugguhnya yang merupakan Sejarah Celebes yang hilang itu.
Tulisan-Tulisan Saya sesuai yang saya tahu, dapat Saudara-Saudaraku Baca di: Malacca of Celebes Bolgspot.Com dan di Facebook saya yang baru.-
Jangan lupa Perhatikan Peta, Rekonstruksi Gabungan Peta, dan Potret Potret Pelaku. Tulisan Pertama saya itu, saya naikan sewaktu saya pertama diajarin main Internet. Dan baru satu bulan terhir ini Saya kembali menulis dan membuat Blog. Targer Saya membuat Blog yaitu; Mengungkap Sejarah Dunia yang di Hilangkan berdasarkan yang saya tahu.
Waslama,-

A Setiawan Samsu Alam ω Senin, 6 Agustus 2012 | 22:19 WIB
Ass..
Mohon penjelasan tentang Arung Umpungeng dan kalau boleh tau nama-nama Arung Umpungeng dari I sampai terakhir berkuasa di Umpungeng
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih!

Muhammad Yusuf Tonggi Senin, 12 November 2012 | 02:30 WIB
Buat A Setiawan Samsu Alam.
Sejarah Arung Umpungan adalah Sejarah yang telah di ubah dan dihillangkan.
Sejarah Umpungan adalah Sejarah yang lebih Tua dari dari dari Riwayat PatotoE (Puang To-Toa) yang suaminya bernama Labuting Langi, lalu mempunya Putra yang bernama Batara Guru (Batara Guru Riselleng), dan Cucunya bernama Batara Lattu (Batara La-Toa).Itulah Riwayat Arung Umpungeng yang masih dapat kita dapatkan di celebes walaupun hanya dalam bentuk Panguriseng
Di Umpungeng, ada yang dipercayai sebagai tempat yang dulunya menjadi tempat Bola Ulawengnge. Dalam Riwayat Umpungeng, juga terdapat Riwayat yang menyebutkan: Tetompo'nami Matannana EssoE Na Tanniya Ku UmpungengMonro KabbaE.
Hal Hal yang lain tentang Tanah Umpungeng lebi jauh, belum bisa Saya jelaskan saat ini, harap Maklum.
Namun satu Catatan Saya sampaikan buat Saudaraku ini, Bacalah Kitab Lagaligo, disitu disebutkan Watampare' (kota Ware') terletat di Dekat Sabbamparu dan Liu, dan dua tempat itu sebenarnya yang di Maksud, memang Liu dan Sabbamparu yang di Kabupaten Wajo.

Wassalam,-

Sumber:http://sejarah.org/forum/1050-sejarah-arung-pallaka-lasettia-vs-latenri-tatta-kerajaan-soppeng-rilau.html

4 komentar:

AAherryn mengatakan...

ass......,
mohon informasi tentang turunan La TemmasongengE dari istrinya yang bernama siti Habibah ?
trima kasih banyak sebelumnya.

Unknown mengatakan...

Terima kasih untuk pencerahannya kakanda Muhammad Yusuf Tonggi.

Unknown mengatakan...

Terima kasih untuk pencerahannya kakanda Muhammad Yusuf Tonggi.

Unknown mengatakan...

Terima kasih untuk pencerahannya kakanda Muhammad Yusuf Tonggi.

Posting Komentar