Kawasan Umpungeng terletak dikawasan hutan tropis diantara pegunungan Neneconang dan Laposo merupakan kebun binatang alami yang sangat luas' menyimpan berbagai marga satwa. Dengan kondisi alam yang subur serta aliran sungai yang jernih menjadikan kawasan ini sangat menarik untuk berbagai kegiatan alam. Dengan prinsip menjaga dan melestarikan hutan, kita bisa merancang sejumlah kegiatan yang dapat melatih mental dan keterampilan kita dan pada waktu yang sama menyelamatkan bumi dari kehancuran. Apa saja yang bisa dilakukan dengan kekayaan alam yang kita miliki ini untuk mewujudkan kedua misi tersebut? berikut beberapa diantaranya:   

Spritual Journey
Merupakan program tadabbur alam yang dapat mendekatkan setiap pengunjung pada Sang Pencipta. Lewat tadabbur alam, anak-anak akan merasakan kedekatan sang pencipta, kecintaan terhadap alam dan lingkungan yang lebih positif yakni keinginan untuk memelihara dan mengaturnya.Mereka akan membantu menyadarkan masyarakat sekelilingnya untuk perduli terhadap lingkungan dll


Education Tour
Program ini merupakan study tour yang dapat diikuti oleh para pelajar dan mahasiswa. Tujuan dari program ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan dan mendekatkan mereka pada alam melalui kegiatan observasi, penelitian atau konservasi lingkungan. Disamping itu dapat memberi dampak positif bagi kesadaran generasi muda dan secara khusus penduduk lokal untuk lebih perduli dengan alam dan lingkungan sekitar.


River Adventures
Program ini merupakan pembiasaan terhadap anak-anak untuk akrab dengan alam, andai mereka hanya sempat mengalami sekali saja dalam hidupnya hingga merasakan asyik dan senang dengan alam, maka hal itu pun akan menjadi kenangan baik yang dengan sendirinya akan menumbuhkan naluri keperdulian untuk menjaga dan melestarikannya. Mereka akan merasakan kebebasan berexpresi ditengah alam yang damai dan bersahabat, mereka akan  merindukan untuk kembali suatu saat jika kelak mereka ditakdirkan hidup & berkarya di tempat lain ataupun kenegeri lain.


Mountain Bike
Kawasan pegunungan yang terbelah oleh beberapa aliran sungai menjadikan kawasan ini menantang untuk dijelajah oleh para petualang sepeda gunung. Kesejukan alamnya merupakan sumber energi yang tiada habis, siap men-charge energi baru disetiap langkah gayuhan sepeda kita. Bahkan tanpa perlu menambah beban membawa perbekalan air minum, kita bisa menikmati sajian alam berupa air segar yang terpancar dari mata air yang menetes di sepanjang perjalanan. Dengan Izin Allah, kesegarannya akan memberi inspirasi baru bagi siapa saja yang meneguknya.


Hiking Adventure
Melakukan perjalanan menjelajah hutan, menyusuri sungai, mendaki bukit, menuruni lembah, memanjat tebing dan banyak lagi pengalaman yang dapat memicu andrenalin kita untuk berpacu lebih kencang.Belum lagi berbagai jenis satwa yang hidup merdeka siap mewarnai perjalanan kita. Jangan khawatir tidak ada binatang buas di sini, seperti harimau atau macan. Namu demikian, kami menyarankan anda untuk tetap melakukan persiapan baik secara mental maupun peralatan sesuai standar keamanan hiking. Sebagai referensi,  silahkan pelajari tip & trik perjalanan disini.


Camping Zone
Melatih jiwa kemandirian terkadang membutuhkan suasana dan kebebasan untuk mendapatkannya. Melakukan camping ditengah hutan adalah salah satu cara untuk membentuk jiwa kemandirian tersebut, disamping berbagai karakter positif dapat ditempah di alam bebas ini, seperti lidership, keberanian, kecekatan mengambil keputusan dll, kita juga  bisa mendapatkan cerita dan pengalaman baru nan unik yang belum tentu dapat dialami oleh orang lain. Rasakan sensasi alam bebas dan buatlah cerita anda sendiri disini.


Relaxation Zone Zone
Ditengah kepenatan hidup kita membutuhkan suasana dan kebebasan di alam bebas dan dengan bebas polusi. Anda dapat melakukan disini, menghirup udara segar ditengah mentari pagi diatas bukit yang sekelilingnya tersaji keindahan alam. Pemandangan alam, kicauan aneka burung, gemuruh suara pepohonan pinus dan sesekali teriakan kita yang bersahutan akibat suara pantulan (eho) dari gunung sebelah membuat jiwa kita menyatu dengan alam. Inilah relaxasi yang menyegarkan pikiran dan perasaan kita. Dengan refresh, kita dapat melanjutkan hidup kita yang lebih bermakna.