Explorasi sumber daya alam takterkendali dan tanpa perhitungan yang dilakukan oleh masyarakat terdidik atapun non terdidik telah terjadi dimana-mana. Akibatnya terjadi kerusakan alam yang luar biasa dasyat. Banjir,lonsor, kekeringan terjadi secara luas hampir disetiap wilayah di Indonesia.

Wilayah yang untuk sementara waktu dianggap cukup aman, pun tidak luput dari ancaman yang sama, hanya menunggu waktu saja. Asumsi ini didasarkan pada budaya masyarakat yang kurang peka dan peduli pada kelestarian alam dan lingkungan. Begitu banyak daerah yang sampai saat ini masih terus dieksplorasi oleh masyarakat tanpa kendali dengan alasan tuntutan hidup tanpa upaya reboisasi kembali. Sebagian lagi melakukan eksplorasi tanpa rasa tanggung jawab dengan alasan tanah adat/warisan. Jika hal tersebut dibiarkan terus terjadi, Lantas bagaimana nasib negri ini pada generasi sesudah kita?



Efek rumah kaca adalah bentuk eksplorasi lain yang mengakibatkan kebocoran lapisan ozone, mencairnya es dikutub utara mengkibatkan semakin tingginya suhu bumi yang oleh para ahli diperkirakan akan berlangsung selama 50 s.d. 100 tahun kedepan adalah fakta yang tidak dapat dihindari.

Atas dasar kondisi tersebut dan rasa cinta tanah kelahiran kami Kota Watang Soppeng yang secara geografis seharusnya sejuk dengan aliran sungai ditengah kota namun kondisi nya saat ini justru terjadi sebaliknya, semakin panas dan kering.

Ada banyak hal yang menjadi faktor penyebab kondisi ini terjadi, maka upaya pencegahan dan pemulihannya pun tentu melibatkan banyak pihak. Sebagai penduduk Dusun Umpungen, kami mengerti apa yang harus dilakukan untuk mencega konsi alam yang lebih buruk. Mengingat Desa Umpungen merupakan hulu sungai yang cukup strategis dan menentukan bagi kelangsungan pertanian bagi sebagian besar masyarakat Kabupaten Soppeng dan sekitarnya..

Proposal ini dirangcang khusus untuk berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan hidup pada satu sisi dan menggali potensi sumberdaya alam dan masyarakat setempat secara terukur, terencana dan terprogram disisi lain tanpa harus mengorbankan kepentingan kita yang lebih besar yakni melestarikan Ekosistem Kehidupan.

Beberapa program yang akan kami canangkan antara lain:


  1. Pengembangan komoditas unggulan yang berdaya saing dan menghasilkan nilai tambah bagi peningkatan masyarakat.
  2. Peningkatan akses para warga, terhadap sumber-sumber pembibitan pertanian, peternakan dan perikanan, baik terhadap pemerintah ataupun swasta.
  3. Pemberdayaan petani dalam penerapan teknologi dan pemanfaatan informasi pertanian.
  4. Penyediaan sarana prasarana untuk mendukung pengembangan agroindustri di sentra-sentra produksi, termasuk pengembangan sistem jaringan irigasi, permodalan, dan pemasaran melalui pengembangan sistem informasi agribisnis.
  5. Pengembangan industri pengolahan untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk-produk pertanian.
  6. Penciptaan iklim usaha yang mendorong berkembangnya agribisnis dengan nilai tambah yang dinikmati masyarakat pertanian dan pedesaan.
  7. Peningkatan akses pengusaha mikro, kecil dan menengah dan koperasi pertanian terhadap sumber-sumber pendanaan, teknologi dan informasi.



0 komentar:

Posting Komentar