Investasi A.k.h.i.r.a.t

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته، 

Disampaikan
Kepada Yth para Dermawan 
Yang Budiman di-mana pun anda berada.
Dengan hormat,

Selamat datang di Dusun Umpungeng.
Semoga Anda dan seluruh sanak keluarga dalam keadaan sehat walafiat. 
Keluarga merupakan elemen terkecil dalam sebuah tatanan negara. Keluarga yang baik akan membentuk negara yang baik pula.Keluarga adalah pilar pertama dan utama dalam pembangunan karakter bangsa. Namun demikian untuk membangun satu keluarga yang baik, sakinah (tenang), mawaddah(bahagia) wa rahmah (penuh kasih) tidak mungkin terlepas dari pembangunan keluarga yang lain yang saling terikat dalam lingkungan ketetanggaan.

Membangun sebuah keluarga yang ideal adalah tanggung jawab seorang kepala keluarga, sedang membangun lingkungan yang ideal adalah tanggung jawab bersama. Dengan adanya satu keluarga yang ideal akan menjadi contoh bagi keluarga yang lain dalam membangun keluarganya. Lebih lanjut seluruh keluarga dalam tatanan lingkungan ketetanggaan akan saling bergotong royong dan saling memberi contoh dalam membentuk keluarga yang ideal yang pada akhirnya akan membentuk lingkungan masyarakat yang ideal pula. Dengan lingkungan masyarakat yang ideal, negara yang ideal akan terwujud dengan ijin Allah.
Proposal Rencana Strategis Pemberdayaan Lingkungan ini kami sampaikan dalam rangka menata  seluruh Sumber Daya Ilahiyah yang kami miliki yang meliputi Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDE) dan Sumber Energi dalam rangka membentuk lingkungan yang ideal, atas dasar kebutuhan bersama tanpa melanggar Sunnatullah, dengan dimulai dari pembangunan keluarga yang ideal.
Impian atau visi kami akan terwujudnya lingkungan yang ideal, kami rumuskan sebagai wilayah yang Aman dan Makmur dalam keberkahan Allah SWT. Untuk mewujudkan harapan tersebut, kami merancang peta jalan melalui penetapan  Aturan (Tata kelola), membangun kesadaran Disiplin warga, mewujudkan ketenteraman (Aman) Dan berorientasi pada Kesejahteraan bersama (koperasi) 
Dalam mewujudkan lingkungan yang ideal, dengan ijin Allah, kami akan berusaha untuk mewujudkan impian yang kami rumuskan dalam misi sebagai berikut:
  1. Ketahanan Pangan yang Bergizi (masalah perut) dengan memenuhi 4 sehat 5 sempurna
  2. Peningkatan Ketrampilan yang Manfaat (masalah akal) baik ilmu untuk dunia atau akherat
  3. Pelestarian Budaya yang Suci (masalah hati) yang tidak bertentangan dengan sunatullah.
Dengan misi tersebut kami bercita-cita untuk membentuk kebiasaan-kebiasaan atau akhlak yang baik, seperti: kebiasaan membaca dan mencatat, kebiasaan sopan dan santun, kebiasaan jujur dan amanah, kebiasaan menjaga kebersihan dan kerapian, kebiasaan makan yang halal dan toyib (baik/sehat), kebiasaan disiplin, kebiasaan menanam pohon, kebiasaan gotong royong, kebiasaan mengolah sampah dll. Kebiasaan-kebiasaan yang baik ini akan menjadi bagian dari pembentukan karakter bangsa (Nation Character Building) yang insya Allah akan diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya..
Misi tersebut akan kami capai dengan membentuk 3 unit lembaga setingkat dusun sebagai kendaraan-kendaraan kami dalam mencapai misi-misi kami. Ketiga lembaga tersebut adalah:
  1. Program Pemberdayaan Keluarga  yang ditujukan untuk memberikan pelayanan sosial dan pemberdayaan lingkungan khususnya orang-orang tua (jompo) dan penderita cacat fisik dalam meningkatkan kualitas hidup mereka (quality of living).
  2. Program Pelatihan Keterampilan hidup bagi warga (life skills) termasuk keterampilan interpersonal sebagai bagian dari persiapan menjadi tuan rumah bagi setiap pengunjung yang disertai dengan pembangunan jiwa entrepreneurship. 
  3. Unit Usaha“Gotong Royong”, yang ditujukan untuk mengelola rezeki bersama  yang Allah amanahkan kepada kami baik dari usaha sendiri maupun dari Investasi masyarakat umum.
Target kemakmuran yang akan dicapai adalah" kemampuan seluruh lapisan masyarakat setempat untuk dapat berzakat" karena kekayaan mereka telah mencapai nisabnya. Dengan tingkat kemakmuran seperti itu, insya Allah rasa aman akan tercapai dan akan tercipta keamanan dan ketentraman bagi warga. Suasana seperti ini akan melahirkan budaya positif  yang akan  mengantarkan dusun Umpungeng sebagai kawasan yang aman dan menarik untuk dikunjungi. 
Dengan demikian maka kawasan Umpungeng yang merupakan hutan tropis di antara gunung Laposo dan gunung Neneconang ini akan tetap lestari dan akan tetap berfungsi sebagai kawasan resapan air yang akan terus mensuplai kebutuhan air masyarakat secara luas. 
Inilah cita-cita besar bersama yang kami sebut sebagai “Umpungeng ecotourism village’, yang kelak akan menjadi kawasan bermain bagi anak-anak, tempat belajar di alam, ruang terbuka hijau untuk kita nikmati udaranya yang  segar ditengah polusi udara dunia yang semakin menghawatirkan.          
Kami sadar bahwa untuk mewujudkan ini semua tidak mungkin dengan sendiri,  untuk itu kami membutuhkan anda  untuk bersama berinvestasi bagi bumi kita, lingkungan kita dan untuk diri kita sendiri. Allah akan tersenyum melihat setiap hambanya yang senantiasa melestarikan bumi. 
Kami sengaja merancang sejumlah program secara terpadu, integral dan berkelanjutan agar pembangunan yang dilakukan benar-benar akan mencapai sasaran yaitu ”mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kekayaan alam yang lestari”. 

Program-program yang kami canangkan adalah:
  1. Pembangunan Masjid Nol Satu
  2. Program wakaf Alqur’an
  3. Program Qurban + Zariyah
  4. Program wakaf buku dan majalah seputar pertanian (pengetahuan alam)
  5. Konservasi tanaman hutan enau.
  6. Penyelamatan Sidat
  7. Pembangunan Sanggar Budaya dan Seni
  8. Pembangunan Zona Sujud
  9. Penyediaan MCK (Tilet umum) di 50 titik penyebrangan sungai di sekitar kawasan
  10. Membuka ladang INVESTASI Ilmu bagi  seluruh Perguruan Tinggi, khususnya yang berada di kawasan Timur Indonesia untuk melakukan Penelitian / Observasi terhadap berbagai sumber daya yang terdapat di kawasan Uumpungeng, untuk selanjutnya hasil penelitian tersebut kami jadikan sebagai rujukan dalam meningkatkan kwalitas pertanian sekaligus cara membudidayakan serta melestarikan bumi. 
  11. Penyediaan kamar Singgah yang layak bagi para musafir / pengunjung     
Ibarat hendak menuju ke suatu tempat, kami akan sangat terbantu apabila anda para dermawan yang dirahmati Allah, membantu menyediakan kemudahan bagi kami dalam mencapai Visi & Misi  yang kami cita-citakan, baik berupa ilmu, harta, maupun dukungan moril.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi program-program kami yang tersebut di atas, dan jika berniat untuk turut berpartisipasi, kami persilahkan untuk memilih salah satu atau bebera program investasi diantara 10 program yang tertera.  Apapun bentuk partisipasi anda kami hargai. Silahkan salurkan melalui menu ”Contact us” diatas.  Semoga Allah membalas setiap kebaikan yang anda berikan. Amin.    

Atas perhatian dan dukungannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat


Nasrullah A.Rahman, SPd.
Inisiator

0 komentar:

Posting Komentar